Jumat, 12 Desember 2008

Prinsip-prinsip Dasar Metode Pengajaran Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab (asing) berbeda dengan belajar bahasa ibu, oleh karena itu prinsip dasar pengajarannya harus berbeda, baik menyangkut metode (model pengajaran), materi maupun proses pelaksanaan pengajarannya. Bidang keterampilan pada penguasaan Bahasa Arab meliputi kemampuan menyimak (listening competence/mahaarah al – Istima’), kemampuan berbicara (speaking competence/mahaarah al-takallum), kemampuan membaca (reading competence/mahaarah al-qira’ah), dan kemampuan menulis (writing competence/mahaarah al - Kitaabah).

Setiap anak manusia pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menguasai setiap bahasa, walaupun dalam kadar dan dorongan yang berbeda. Adapun diantara perbedaan-perbedaan tersebut adalah tujuan-tujuan pengajaran yang ingin dicapai, kemampuan dasar yang dimiliki, motivasi yang ada di dalam diri dan minat serta ketekunannya.
Baca selengkapnya...!

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan artikel dan tulisan mengenai pengembangan pendidikan dan pembelajaran baik dari tulisan pemilik blog sendiri maupun dari sumber-sumber lain dengan mencantumkan sumber asli tulisan tersebut.
Kehadiran blog ini mudah-mudahan dapat memberi sedikit sumbangan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Kita percaya bahwa Indonesia maju dengan pendidikan yang maju

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP